MANFAAT IKAN tAMBRA

Manfaat Ikan Tambra
======================





Ikan tambra adalah salah satu jenis ikan yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan ikan ini termasuk ikan yang hidup di air tawar dan merupakan nama sebutan di daerah jawa dari ikan lempon. Ikan termasuk sebagai bahan pangan kelas tinggi serta buronan utama pemancing mania. Hidup di sungai-sungai beraliran deras dan populasinya sangat terancam akibat penangkapan berlebihan.

Ikan tambra suka pada gejolak air yang menjadi pertemuan air deras dan air tenang, tepatnya di tengah pusaran, dekat batu-batuan besar dalam lubuk. Disana biasa digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi jenis ikan ini sebelum hijrah ke hulu sungai. Dagingnya tebal, rasanya enak,dan kaya minyak ikan. Selain itu harganya juga sangat mahal. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 30 kg dengan panjang tubuh bisa mencapai 1 meter. Berikut ini akan kami sajikan manfaat ikan tambra untuk kesehatan:



1. Mengandung Vitamin E

Kandungan vitamin E yang terdapat pada ikan tambra bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit anda agar lembut dan halus. Terhindar dari iritasi serta penuaan dini. Dengan itu anda akan tampak cantik alami. Oleh karena itu cobalah makan ikan ini.
2. Mengandung Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam daging ikan tambra bermanfaat untuk mencegah kurang darah, sehingga anda tidak akan mudah pusing, lemah maupun letih. Konsumsilah minimal satu kali dalam seminggu.
3. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan tambra berguna dalam mencegah penyakit kardiovaskuler. Untuk itu ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Namun kalau bisa dimasaknya dengan cara dipepe, kukus atau direbus saja.
4. Membantu Meregenerasi Sel

Rutin mengonsumsi ikan tambra bermanfaat dapat membantu proses penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Hal itu terjadi karena didalamnya ada kandungan protein. Sehingga jika anda mempunyai bekas luka yang masih baru, akan membuat normal kembali seperti semula namun butuh proses.
5. Mengandung Makronutrisi

Ikan tambra mengandung makronutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Didalamnya antaralain ada seperti vitamin A,D,E dan K, kalsium, fosfor, zat besi, omega 3, serta protein. Dengan itu akan menjadi penunjang tubuh agar tetap sehat dan bersemangat.
6. Mencegah Kanker Leher Rahim

Apabila anda sedang melakukan hubungan seks, kemudian vaginanya mengeluarkan darah, padahal biasanya tidak itu merupakan tanda-tanda terkena kanker leher rahim. Oleh karena itu untuk pencegahanya dari segi makanan bisa mengonsumsi ikan tambra ini secara teratur.
7. Menguatkan Struktur Gigi

Kandungan kalsium, fosfor serta vitamin D yang terkandung dalam ikan tambra berguna untuk kesehatan anda yaitu membantu menguatkan struktur gigi. Dengan itu akan tidak mudah rapuh maupun berlubang. Tetapi jangan lupa juga rajinlah menggosok gigi.
8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Supaya anda tidak mudah sakit, cobalah konsumsilah ikan tambra secara teratur. Karena salah satu khasiatnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan itu badan akan lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit.
9. Mengandung Protein

Kebutuhan kandungan protein anda akan tercukupi apabila rajin makan ikan tambra. Manfaatnya untuk tubuh yaitu dapat mencegah malnutrisi, membangun otot, serta membantu pertumbuhan kuku. Tidak kalah fungsinya juga dapat mengurangi deperesi. Cobalah mengonsumsinya.
10. Mencegah Diabetes

Seorang yang terkena diabetes biasanya karena terlalu banyak dan sering mengonsumsi yang manis-manis.Biasanya akan sulit sembuh bahkan bisa mengakibatkan stroke. Maka dari itu anda harus mencegahnya, salah satunya bisa dengan makan ikan tambra secara rutin.

Komentar